Selanjutnya saya akan membahas mengenai
aplikasi yang tidak kalah menariknya dengan Odoo dan Slack, yaitu Trello.
Trello adalah sebuah layanan berbasis web
dimana bisa membantu kita dalam memanajemen proyek yang kita kembangkan baik
itu sendiri atau dalam suatu team. Jadi Trello seperti sebuah dinding virtual
dimana kita bisa menempelkan berbagai ide, to do-list, progress, bug, dll yang
bisa dipantau oleh anggota team dan dikerjakan oleh anggota team yang
bersangkutan/ditugaskan.
Dengan sistem seperti ini, team bisa bekerja
lebih fokus dan terarah. Tidak ada lagi mengerjakan hal random alias suka-suka,
kita membuat to do-list dan setiap item bisa di-assign ke salah satu
anggota team untuk mengerjakan berdasarkan skala prioritas. Dengan cara seperti
itu, kita menjadi lebih produktif.
Ditambah lagi, di Trello ini kita bisa saling
berkomunikasi, saling berkomentar terhadap sebuah perkembangan tertentu dalam
proyek, jadi meskipun sedang dalam berhalangan kerja, proyek tetap dapat
dipantau dan feedback dapat diberikan everytime and everywhere.
Trello bersifat real-time, artinya bila
anda melakukan sebuah perubahan di dalam board, maka rekan kerja anda akan
mengetahuinya dan mendapat notifikasi serta tercatat dalam Activity Stream saat
itu juga (bila anda terhubung dengan internet).
Berikut adalah langkah-langkah dalam menginstall
Trello:
1. Trello
dapat didownload melalui App Store, Google Play atau buka situs https://trello.com/. Kali ini saya akan membahas
Trello jika dibuka melalui desktop/web. Berikut tampilannya:
2.
Log in
dengan menggunakan akun gmail untuk mempermudah proses
4. Kali ini
saya sebagai karyawan PT Teratai Jaya telah gabung dalam Board
Odoo-Teratai Jaya. Namun apabila ingin membuat Board baru, dapat
dilakukan dengan cara create new board seperti gambar berikut:
5. Jika ingin
menambah member pada Board tersebut, dapat dilakukan dengan cara add member
sebagai berikut:
6.
Berikut
adalah gambar member yang telah bergabung dalam Board PT Teratai
Jaya jika dalam tampilan versi Android:
7. Berikut
adalah tampilan To Do List, Doing List dan Done List dalam Board kami
untuk tugas yang perlu kami kerjakan:
To Do List berisi poin-poin yang perlu
dikerjakan dalam sebuah planning, Doing List berisi hal yang sedang berlangsung
dikerjakan sedangkan Done List apabila pekerjaan telah selesai dikerjakan.
Demikian review dan tutorial Install
Trello. Semoga bermanfaat dan tunggu posting blog berikutnya... :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar